/

Friday 11 March 2011

Propinsi dan Teritorial di Kanada

               Kanada terdiri atas 10 provinsi dan 3 teritori. Provinsi-provinsi ini memiliki tingkat otonomi besar dari pemerintahan federal, sedangkan teritorial agak kurang memilikinya. Masing-masing memiliki simbol provinsi dan teritori.

Provinsi-provinsi ini bertanggung jawab untuk kebanyakan program sosial Kanada (seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan) dan bersama mengumpulkan banyak pendapatan dari pemerintah federal, dan merupakan sesuatu yang unik di antara federasi di seluruh dunia. Pemerintahan federal dapat memulai kebijakan nasional yang dapat ditolak oleh provinsi, namun dalam kenyataan ini jarang terjadi. "Persamaan pembayaran" dibuat oleh pemerintah federal untuk memastikan standar seragam pelayanan sesuai dan pajak dijaga antara provinsi yang kaya dan miskin.
Hukum kriminal merupakan tanggung jawab utama pemerintah federal, dan seragam di seluruh Kanada. Namun penjalanannya merupakan tanggung jawab propinsi, kebanyakan provinsi menjalankan pelayanan ke Royal Canadian Mounted Police (RCMP). RCMP adalah satu-satunya kepolisian di dunia yang menjalankan tiga tingkatan penjalanan hukum berbeda: munisipal, provinsial, dan federal.
10 provinsi itu bersifat unikameral, mengangkat legislator dengan pemerintahan yang dikepalai PM yang dipilih dalam cara yang sama sebagai PM. Tiap provinsi juga memiliki gubernur letnan yang bukan pemerintah yang sebenarnya yang mewakili ratu, diangkat atas rekomendasi PM Kanada.
Kebanyakan iklim politik provinsi itu termasuk rekan provinsi pada 3 partai federal nasional. Bagaimanapun, beberapa partai provinsi tak secara resmi berhubungan dengan partai federal yang mendapat nama yang sama. Beberapa provinsi memiliki ParPol regional, sepertiPartai Saskatchewan.
Iklim politik Provinsi Quebec cukup berbeda, dengan perpecahan utama antara separatisme, diwakili oleh Parti Québécois, dan federalisme, diwakili oleh Parti Libéral du Québec.
3 teritori itu memiliki kekuasaan politik yang lebih kecil daripada provinsi, telah diciptakanoleh hukum oleh Parlemen nasional daripada status mereka yang telah diabadikan dalam Konstitusi. Tiada gubernur letnan untuk mewakili dan memenuhi fungsi ratu. Komisaris yang netral secara politik diangkat oleh pemerintahan federal untuk bertindak sebagai "Pemerintahan perwakilan senior Kanada". Hanya legislator daerah Yukon yang mengikuti sistem politik yang sama sebagai legislator provinsi. 2 teritori lain menggunakan sistem pemerintahan konsensus dengan tanpa partai, yang tiap anggota mengajukan sebagai independen, dan premier diangkat oleh dan dari anggota.
Hubungan antara pemerintahan federal dan teritorial telah menegang. Banyak pertentangan antara 2 tingkat pemerintahan telah menjadi antara penggunaan sumber penghasilan dan pendanaan. Tingkat kemiskinan di teritori telah secara tetap besar karena isolasi, kesulitan ekstrim dan ongkos barang pasokan, dan kelangkaan pekerjaan.

0 komentar:

Post a Comment

THANK YOU FOR VISITING MY BLOG - ©2010 ALL RIGHTS RESERVED - CANADIAN EDUCATION SERVICES INTERNATIONAL

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More